‘Morning Sickness’ Selama 9 Bulan Hamil Bisa Sebabkan Kematian

Rasa mual di pagi hari ataupun yang lebih terkenal dengan sebutan bahasa Inggrisnya, penyakit morning sickness itu termasuk normal untuk bunda yang sedang hamil. Umumnya keadaan kondisi ini terjadi di beberapa bulan pertama semasa kehamilan dan juga cenderung untuk mengurang seiring dengan bertambahnya umur kandungan.

Tetapi ada beberapa bunda hamil yang terpaksa mengalami suatu kondisi jauh lebih parah dari pada sekedar mual saja. Soalnya, rasa mual menjadi cukup berlebihan sampai memicu sang bunda untuk muntah secara continyu selama kehamilan sedang berlangsung.

Kondisi yang disebut dengan Hiperemesis gravidarum (HG) ini di ketahui sudah menyerang sekitar 3 % bunda hamil di Amerika Serikat. Mereka sering di larikan ke Unit Gawat Darurat untuk mendapat perawatan intensif karena kehilangan banyak cairan dan juga nutrisi dari asupan nutrisi makanan sehat yang ia muntahkan akibat dari rasa mual berlebihan.

HG terbukti menjadi kondisi fatal kedua terparah menyerang bunda hamil yang memungkinkan akan terjadinya kematian. Menduduki posisi pertama yakni persalinan bayi prematur.

Sayangnya sampai detik ini belum di ketahui pasti asal muasal kondisi itu dan juga bagaimana caranya untuk menahan bunda hamil dari potensi mengalaminya, dan metode untuk menurunkan kefatalannya kalau telah terlanjur di alami oleh bunda yang sedang hamil

Demikian yang dimuat di website Discovery Magazine, Kamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *